Month: March 2018

15 Cara Membuat Usaha Bisnis Laundry Anda Laris Manis

15 Cara Membuat Usaha Bisnis Laundry Anda Laris Manis

15 Cara Membuat Usaha Bisnis Laundry Anda Laris Manis

Membuka usaha laundry tentu  banyak cara untuk membuat usaha tersebut mempunyai nilai tersendiri dimata pelanggan atau konsumen. Banyak sekali pengusaha laundry yang gulung tikar karena tidak mementingkan dari kebutuhan konsumen. Padahal kebutuhan konsumen dalam usaha bidang ini adalah yang no 1.

Kegagalan dalam menjalankan bisnis laundry umumnya terjadi pada pengusaha pemula yang hanya mementingkan keuntungan saja. Padahal kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur bagaimana bisnis Anda dapat berjalan hingga seterusnya hingga waktu yang akan datang.

Nah untuk itu simak dah terapkan cara-cara berikut ini, jika Anda ingin bisnis lundry Anda laris manis sampai membuat antrian cucian dan setrikaan menggunung di tempat usaha Anda.

15 Cara sukses bisnis laundry

1.Pakaian yang di laundry bersih

Cucilah pakaian pelanggan Anda seperti Anda mencuci pakaian Anda sendiri. Jika Anda mempunyai karyawan dalam menjalankan bisnis ini berikan pengertian seperti yang dijelaskan ini. Pakaian pelanggan laundery merupakan aset Anda. Karena pada umumnya konsumen laundry, jika pakaian yang di cuci bersih akan menjadi pelanggan setia Anda. Perhatikan jenis pakaian yang di cuci, misalkan pakai berwarna putih, tentu bersih tidaknya pakaian yang dicuci tersebut akan tanpak sekali di mata pelanggan. Jangan sampai terdapat noda yang tampak pada pakaian yang dicuci.

Dalam mencuci pakaian pilihlah deterjen atau sabun laundry yang sesuai dengan spesifikasi. Tidak semua jenis detergen baik digunakan untuk mencuci pakaian. Hal ini kadang menjadi hal yang diabaikan oleh pengusaha laundry.

 

2.Pakaian yang di laundry wangi

Pakaian menjadi nilai lebih jika setelah disetrika rapih terasa bau yang wangi. Bau wangi ini menjadi penilaian dimata konsumen. Hal yang paling berpengaruh terhadap hal ini misalnya pada musim penghujan, jemuran tidak kering, dan kadang bau pakaian terasa menjadi tidak sedap dan berbau apek. Maka usahakan hindari hal ini, misalnya menggunakan mesin pemanas ruangan, pengeringan pakain maksimal dan setrikaan menggunakan parfum yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Poin positif yang dapat Anda dapatkan jika Anda mempunya penawaran terhadap bau atau wewangian setrikaan pakaian pelanggan, misalnya saja terdapat beberapa jenis parfum yang boleh dipilih oleh pelanggan Laundry Anda. Dengan demikian konsumen menjadi lebih merasa spesial menggunakan jasa Anda.

 

3.Harga yang diberikan ekonomis

Harga adalah pertimbangan berikutnya konsumen memilih jasa laundery yang Anda buka. Harga ini bergantung pada demografi konsumen Anda. Misalkan saja Anda membuka bisnis laundery disekitar area perkampusan, maka perhatikan juga keuangan mahasiswa atau mahasiswi pada umumnya.

Cara untuk meningkatkan pelanggan dengan konsep harga misalnya dengan memberikan diskon khusus pada mahasiswa, dengan kartu mahasiswa atau lainya. Atau memberikan diskon dengan kelipatan terentu  dan dan gratis tertentu dengan kondisi tertentu.

 

4.Pakaian selesai di laundry tepat waktu

Pelanggan cuci pakaian mencucikan pakaiannya menggunakan jasa laundry yang Anda tawarkan karena beberapa alasan misalnya tidak cukup banyak waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, mempunyai banyak kesibukan di luar aktivitas biasa, malas mencuci sendiri dan karena kebutuhan mendesak agar cepat selesai cucianya.

Jika pakaian cucian selesai tepat waktu bahkan jika bisa  lebih cepat, maka konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

 

5.Jasa delivery (pengiriman) tepat waktu

Jika memungkinkan dengan usaha laundery yang Anda buka, pengiriman dan pengambilan cucian di lakukan secara delivery. Ini lebih membantu konsumen jika mereka mempunyai kesibukan lainya. Untuk tips atau cara ini tidak semua usaha laundry menggunakannya.

Untuk tips yang bisa dilakukan misalnya cuci 5 kg gratis delivery atau gratis penjemputan.

 

6.Toko memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen

Memberikan pelayanan terbaik dapat dilakukan dengan mengutamakan keramahan senyum sapa dan respon yang baik kepada konsumen. Banyak konsumen merasa kurang nyaman karena sikap pelayanan pada usaha laundry, ini perlu ditekankan pula jika Anda menggunakan jasa karyawan dalam usaha ini.

Contoh nyata yang pernah Saya rasakan sendiri namun berbeda jenis usaha. Seorang karyawan tidak memberikan respon keramahan lebih terkesan cuek kepada konsumen, maka konsumen merasa tidak di perhatikan atau tidak di anggap. Munkin dia membeli pada waktu itu, namun tidak berkelanjutan walaupun harga barangnya lebih murah dibanding di tempat lain.

 

7.Mudah untuk menghubungi toko

Setiap hasil cucian atau informasi di berikan kepada konsumen. Caranya misalnya dengan menempelkan selebaran kecil padal bungkus cuciannya. Dengan demikian konsumen akan lebih mudah menghubungi Anda jika terjadi suatu hal misalnya baju cuciannya tidak lengkap, cucian konsumen lain terbawa, atau terjadi kerusakan pada pakaian yang di laundrykannya.

Mungkin bagi konsumen yang tempat tinggalnya dekat dengan usaha Anda ini bukan menjadi hal atau masalah yang penting. Namun jika tempat tinggal konsumen sedit menempuh jarak dari tempat usaha laundry Anda maka ini cenderung merepotkan mereka.

 

8.Toko melayani konsumen dengan cepat tanggap

Layanilah konsumen dengan cepat dan penuh tanggap. Meskipun terjadi antrian perlakukan mereka sesuai aturan. Jangan beberapa faktor membuat Anda memilih atau mengabaikan pelanggan karena beberapa penyebab misalnya karena tetangga Anda, maka Anda lebih mendahulukan mereka, atau karena mereka saudara Anda.

 

9.Pemilik atau karyawan toko mau untuk membantu konsumen

Usahakan jika Anda memperkerjakan karyawan carilah yang memang benar-benar berkemauan untuk bekerja dengan Anda. Jangan biarkan karena kecerobohan mereka konsumen menjadi tidak betah atau tidak mau lagi berlangganan dengan Anda.

Untuk point penting yang perlu diperhatikan seperti yang sudah dijelaskan pada tips-tips diatas sebelumnya.

 

10.Tidak terjadi kesalahan pemberian item

Minimalisir terjadinya kesalahan item pakaian yang dicuci atau tertukar. Jika pakaian hilang Anda harus tetap bertanggung jawab, caranya misal dengan menggantinya dengan yang baru atau dengan menggantinya dengan uang. Dengan demikian konsumen tidak akan merasa kecewa.

Namun jika Anda merasa cuek dan tidak mau bertanggung jawab, maka mereka akan kabur dan bisa jadi mereka akan menceritakan masalah itu kepada temannya atau orang-orang terdekatnya.

 

11.Tidak ada kesalahan pembayaran

Hindari kesalahan pembayaran baik itu berlebihan atau kekuarangan. Jika pembayaran berlebih maka konsumen akan mereasa tertipu dengan usaha Anda. Namun jika pembayaran yang dilakukan kurang  maka usaha Anda yang akan dirugikan. Jadi perhatikanlah dengan teliti pembayaran yang dilakukan. Bila perlu berilah tanda bukti bayar sebagai informasi lanjut jika dibutuhkan dikemudian hari.

 

12.Pemilik atau karyawan memberikan informasi secara akurat

Informasi mengenai diskon, promo dan juga informasi mengenai usaha laundery harus disampaikan dengan jelas dan detail. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman mengenai informasi usaha laundry Anda.

 

13.Toko memberikan perhatian kepada konsumen

Berikanlah perhatian kepada konsumen Anda. Misalkan jika mereka malukan cuci dengan pakai jenis tertentu maka berikanlah informasi yang terbaik. Contohnya pakai ini kalau pakai detergen ini kurang bagus pak, yang cocok pakai yang ini. Dengan demikian meskipun terlihat sederhana namun konsumen menjadi merasa penting di hadapan kita.

 

14.Pemilik atau karyawan toko berkomunikasi dengan ramah

Seperti yang sudah di jelaskan diatas. Bisnis laundery merupakan bisnis dengan komunikasi dengan konsumen secara langsung. Maka ciptakanlah keramahan dan kehangatan komunikasi dengan mereka agar mereka merasa nyaman.

 

15.Toko menerima kritik dan saran

Kritik dan saran dalam usaha laundry berguna untuk mengevaluasi bisnis Anda dimata konsumen. Dengan kritik dan saran yang diberikan maka Anda menjadi lebih tahu apa saja kekurangan yang ada pada usaha Anda tersebut. Maka Anda dapat segera memberbaiki dan melakukan perubahan-perubahan untuk melayani konsumen dengan sebaik mungkin.

 

Membuka usaha laundery perlu adanya manajemen yang baik. Terutama dalam hal pengelolaan keuangan, perincian modal, penggajian karyawan dan juga detail informasi mengenai pengelolaan bisnis laundry. Untuk melakukan hal tersebut sekarang menjadi lebih canggih dengan adanya aplikasi untuk mengelola data tersebut. Demikian semoga bermanfaat.

Cara Mencari Referensi Untuk Penelitian

Referensi tugas akhir penelitian

Referensi tugas akhir penelitian / gambar: bagas3s

Untuk menyelesaikan tugas akhir perkuliahan baik itu untuk meraih gelar S1 (arjana), S2 (magister) dan S3 (doktor)  kita harus membuat sebuah karya ilmiah. Karya ilmiah ini adalah sebuah penelitian yang kamu lakukan menggunakan sebuah studi kasus yang mana pada kasus tersebut kamu harus mendapatkan hasil dari tujuan penelitian yang Kamu buat.

Point Penting Tugas akhir

Judul

Sebelum melakukan penelitian, hal yang harus diperhatikan adalah judul yang di angkat. Untuk judul yang diangkat apakah sudah ada yang pernah meneliti sebelumnya atau belum, terlebih lagi penelitian dengan judul yang kamu teliti pada kampus Kamu.

Latar belakang

Nah selanjutnya stelah judul kamu tetapkan maka, yang biasa dosen tanyakan adalah latar belakang apa yang akan kamu angkat pada penelitian kamu tersebut. Jika latar belakangnya benar dan masuk akal, maka laporan kamu patut untuk di teliti.

Tujuan

Setelah sebuah latar belakan di ketahui, maka proses berikutnya adalah untuk mengetahui tujuan atau goal dari penelitian yang dilakukan. Sorang dosen biasanya memastaikan tujuan dari penelitian dapat diselesaikan oleh mahasiswanya.

Mencari Referensi

Pada tahap ini kita akan bahasa secara detail jika kamu masih bingung untuk mencari referensi untuk menjadi bahan tulisan atau laporan kamu. Biasanya Saya mengerjakan laporan skripsi menggunakan referensi seperti jurnal. Dan untuk referensi jural ini dapat kita menggunakan jurnal asing maupun jurnal dalam negeri.

Untuk jurnal dalam negeri Kita dapat mencarinya di situ tappdf.com, untuk langkah-langkahnya simak berikut ini:

1.Buka situs tappdf.com

Tampilan situs tappdf

Tampilan situs tappdf

2.Silahkan cari dokumen referensi yang akan di baca atau di cari

Tampilan hasil pencarian dokumen

Tampilan hasil pencarian dokumen

3.Setelah di lakukan pencarian maka akan tampil hasil pencarian pada bagian bawah kolom pencarian. Dari hasil yang ada silahkan Kamu pilih dokumen yang ingin di baca. Selain di baca kamu juga dapat mendownloadnya.

Baca atau download dokumen hasil pencarian

Baca atau download dokumen hasil pencarian

4.Dari hasil pencarian diatas silahkan di klik salah satu untuk membaca refrensi tersebut. Tampilann seperti berikut ini,

Membaca dokumen referensi

Membaca dokumen referensi

 

Dalam mencari referensi yang perlu di perhatikan dalam dokumen jurnal adalah lihat referensi jurnal tersebut. Jurnal yang baik adalah jurnal dengan referensi yang memadai dan juga terdaftar pada ISSN. Selain itu dokumn yang tersedia juga berupa hasil skripsi, yang notabene jangan di kopi paste langsung, karena akan melanggar hak cipta pengarang atau Kamu dapat di cap segai plagiat. Jika itu terjadi maka penelitian Kamu dapat di anulir.